APAKAH ZODIAK HANYA MITOS?

APAKAH ZODIAK HANYA MITOS?

Apakah anda termasuk orang yang percaya astrologi? Selalu uptodate dan membaca ramalan zodiak setiap minggunya? Menurut anda ramalan zodiak itu benar ada atau hanya sekedar mitos saja? Sepertinya hal ini menarik untuk dibahas.

Kita mungkin merasa relate dan merasa membenarkan ramalan zodiak karena ramalan zodiak menggunakan validasi subjektif. Validasi subjektif terjadi ketika dua peristiwa random dan tidak saling terkait dianggap berhubungan atau ekspetasi menuntut adanya hubungan adanya hubungan antara kedua hal tersebut.

Dengan kata lain, kita sendiri yang menghubung-hubungkan persepsi kepribadian diri dengan isi zodiak.

Sejarah Zodiak

APAKAH ZODIAK HANYA MITOS?

Pada sekitar 2300 tahun yang lalu, orang Babilonia percaya bahwa ada dewa-dewi  tinggal diantara bintang dan benda langit. Mereka percaya bahwa dewa ini memiliki kekuatan untuk mengendalikan nasib manusia. 

Orang Babilonia membagi langit menjadi 12 rasi bintang yang sekarang lebih dikenal dengan zodiak (sistem horoskop).  Menurut sistem horoskop, kepribadian dan kejadian manusia yang akan datang  dapat diketahui dari posisi bintang saat kita lahir.

Dalam validasi subjektif, pemilihan kata-kata yang digunakan adalah hal yang sangat umum, samar dan tidak spesifik.

Oleh karena itu, jangan heran jika kalimat dalam ramalan sering dinilai cocok dan pas oleh siapapun. Misalnya ramalan yang mengatakan jika orang dengan zodiak libra itu mandiri dan baik hati, padahal orang lain selain zodiak libra juga ada yang baik hati dan mandiri.

Mungkin anda juga merasakannya saat sedang membaca zodiak. Saat anda membaca kalimat yang kurang relate dan tidak make sense, anda akan cenderung cuek dan tidak peduli. 

Tapi saat anda membaca kalimat yang kebetulan cocok dan sesuai dengan keadaan, maka anda akan sangat merasa kalau itu semua benar dan setuju dengan ramalan itu.          

Ini adalah contoh nyata validasi subjektif yang membuat orang hanya fokus pada bagian yang benar saja, bagian yang merasa relate dari statement yang bersifat umum.

Efek ini terus terakumulasi dari waktu ke waktu, membuat zodiak tetap berjaya dan dipercaya.

Hal itu bahkan berdampak sampai saat ini, ramalan zodiak masih saja dipercaya dan disenangi banyak orang. 

Bahaya Zodiak

Orang yang percaya dengan zodiak akan cenderung mengambil keputusan dan melakukan sesuatu berdasarkan ramalannya pada hari itu. Bayangkan jika hal ini dilakukan oleh banyak orang.

APAKAH ZODIAK HANYA MITOS?

Misal hasil ramalan zodiak minggu ini, sistem pencernaan pada pisces sedang tidak baik. Apakah itu artinya semua zodiak pisces diseluruh dunia juga akan mengalami hal yang sama? Saya rasa itu tidak mungkin.

Bahaya lainnya yang paling mengkhawatirkan adalah astrologi mempromosikan uncritical thinking. Semakin kita mengajari orang untuk gampang menerima cerita anekdot, memilih informasi secara chery-picking (pilih yang mendukung, abaikan yang tidak) dan omong kosong. Maka semakin sulit juga kita mengajarkan orang untuk berpikir jernih dan kritis.

Ketika kita sulit untuk berpikir jernih, maka anda akan dapat dengan mudah dipengaruhi oleh orang lain. Orang yang percaya astrologi akan mudah menerima informasi setengah-setengah, dengan memilih yang mendukung namun mengabaikan yang tidak mendukung.

Posting Komentar

0 Komentar