Hubungan Rasi Bintang Dalam Konstelasi Zodiak

 


Mungkin anda sering mendengar istilah zodiak dan mungkin anda merasa penasaran tentang zodiak anda Kita mungkin merasa relate dan merasa membenarkan ramalan zodiak karena ramalan zodiak menggunakan validasi subjektif.

Rasi bintang adalah sekelompok bintang yang membentuk pola tertentu, diberi nama dan ditentukan oleh tokoh mitologi kuno. Seperti halnya rasi bintang, zodiak juga merupakan salah satu rasi bintang. Namun, tidak semua rasi bintang adalah zodiak. Zodiak adalah 12 rasi bintang yang dilalui matahari setahun sekali.

Sejarah Zodiak

Kata zodiak berasal dari kata Yunani, zodiakos, yang berarti tanda hewan kecil. Zodiak itu sendiri mengacu pada konstelasi yang "dilintasi" oleh Matahari setiap tahun yang terlihat dari Bumi. Pada abad ke-6 SM orang Babilonia sering menggambar garis imajiner atau garis imajinasi yang saling menghubungkan bintang-bintang untuk membentuk gambar tertentu yang disebut rasi bintang.

Tidak hanya itu, mereka juga membentuk garis imajiner yang disebut garis ekliptika. Ekliptika dibagi menjadi 12 wilayah yang masing-masing sebesar 30 derajat dan diisi dengan satu rasi bintang. Kedua belas rasi bintang inilah yang disebut konstilasi zodiak.

Penetapan 12 Rasi Bintang

Mungkin saat ini kita sudah mengetahui bahwa Bumi berputar mengelilingi matahari setiap tahun. Namun, orang kuno percaya bahwa Matahari lah yang berputar mengelilingi Bumi. Jalur di mana matahari bergerak melalui zodiak dikenal sebagai ekliptika. Ekliptika telah dibagi menjadi 12 zona yang sama. Matahari bergerak dan muncul di konstelasi di Ekliptika setiap 30 hari. Matahari akan berada di setiap rasi bintang selama satu bulan.

Pergerakan matahari dimulai pada titik balik musim semi, titik di mana matahari menandai awal musim semi. Saat itu, Matahari berada di Aries, jadi Aries adalah tanda zodiak pertama.

Setelah itu, Matahari akan bergerak selama 30 hari dan Matahari akan terlihat di rasi Taurus. Dari Taurus hingga Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricorn, Aquarius, Kembali ke Pisces dan Aries.

Perbedaan Tanggal

Sistem Penanggalan pada astronomi berbeda dari sistem penanggalan astrologi. Aries dalam astrologi atau ramalan zodiak dimulai pada tanggal 21 Maret, tetapi dalam astronomi tanda zodiak Aries baru muncul pada tanggal 19 April. Mengapa berbeda? Karena tanggal astrologi mengikuti tanggal kuno. Sedangkan pada sistem penanggalan astronomi berubah berdasarkan dengan gerakan rotasi bumi pada porosnya. Rotasi bumi tidak lurus, melainkan miring yang membentuk sudut sebesar 23,5° seperti gasing. Gerakan di sekitar sumbu bumi menggerakkan perpotongan garis eliptika dan ekuator langit yang menyebabkan pergeseran pada zodiak Aries. Tanggal astronomi dan astrologi menjadi berbeda karena titik Aries telah bergeser beberapa derajat sejak pembagian garis ekliptika pertama kali ribuan tahun yang lalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Zodiak Apa Sajasih yang Selalu Mengutamakan Logika? Yuk Cari Tahu!

Fakta-Fakta Menarik Tentang Sifat si Pemilik Zodiak Leo

Sifat dan Karakter Zodiak Pisces