4 Perbedaan Shio Cina dan Zodiak Barat

 


Baik astrologi Cina (shio) dan astrologi barat ( zodiak ) merupakan sistem ramalan berdasarkan waktu kelahiran. Meskipun kedua ramalan ini menggunakan simbol untuk menyampaikan teori, namun keduanya sangat berbeda. Berikut 4 perbedaan antara shio Cina dan zodiak barat.

1. Ikon atau Tanda

Baik dalam astrologi shio Cina maupun zodiak dari negara barat, keduanya menggunakan jumlah tanda yang sama, yakni 12. Shio Cina berisi Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. Sedangkan zodiak barat menggunakan ikon seperti Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Capricorn, Sagitarius, Aquarius, dan Pisces.

12 simbol zodiak yang dibahas dalam astrologi Cina berasal dari mitologi yang ada di negara Cina. Menurut masyarakat Cina, awalnya Kaisar Jane memanggil semua makhluk di Bumi untuk bergabung dalam perlombaan. 12 hewan pertama yang melewati garis finis akan diberi tanda zodiak. Tikus datang pertama untuk kelicikan dan strategi dan ada babi berhasil menyelesaikan lomba itu di urutan terakhir.

Dalam astrologi Barat, 12 tanda zodiak didasarkan pada rasi bintang yang bergerak di langit selama 12 bulan dalam setahun. Oleh karena itu, Januari ditetapkan untuk Capricorn karena konstelasinya berada tepat di atas kepala selama waktu itu, dan Juli ditetapkan untuk Cancer karena inilah saat Cancer mencapai puncaknya.

2. Fase Bulan

Sistem pada astrologi Cina atau Shio menekankan fase bulan saat lahir. Bulan memiliki empat fase yaitu bulan baru, bulan pasang, bulan purnama, dan bulan surut. Tipe bulan baru lebih menyukai lingkungan yang inovatif, bulan pasang adalah tipe pekerja keras, bulan purnama adalah tipe diplomatis, dan bulan surut lebih menyukai lingkungan yang tenang. Sedangkan zodiak barat menggunakan dua fase bulan, yaitu bulan utara dan bulan naik.

3. Perbedaan Waktu

Hewan-hewan dalam shio diklasifikasikan menurut kalender matahari tradisional Cina. Setiap shio disesuaikan dengan 2 dari 24 istilah matahari dari periode mirip bulan dalam zodiak barat. Artinya, zodiak dan shio Cina berjarak setengah bulan.

4. Makna 

Sederhananya, zodiak dibagi dengan bulan dan shio dibagi berdasarkan dengan tahun. Artinya, menurut kepercayaan Cina, orang yang lahir pada tahun yang sama memiliki sifat kepribadian yang sama. Sedangkan dalam zodiak barat, orang yang lahir dalam tahun yang sama belum tentu memiliki sifat yang sama.

Namun, ada faktor lain yang mempengaruhi hal ini. Dalam zodiak barat, terlepas dari posisi rasi bintang dan planet, zodiak ini, melambangkan motivasi dasar dalam psikologi manusia. Di sisi lain, selain shio tahunan, astrologi Cina juga memiliki tiga pilar lain yang dipercaya membentuk nasib seseorang. Jadi ada empat pilar utama dalam kepercayaan Cina, yaitu tahun, bulan, tanggal, dan jam kelahiran.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Zodiak Apa Sajasih yang Selalu Mengutamakan Logika? Yuk Cari Tahu!

Fakta-Fakta Menarik Tentang Sifat si Pemilik Zodiak Leo

Sifat dan Karakter Zodiak Pisces