Apa Itu Zodiak? Sejarah Serta Macam-Macam Zodiak


Mungkin kamu bertanya-tanya, apa itu zodiak? Sebutan lain zodiak di Indonesia adalah ramalan bintang. Banyak ilmu yang membahas lebih mengenai zodiak.

Sehingga, jawaban atas pertanyaan apa itu zodiak dapat kamu temukan di dalam pembahasan di bawah ini.

Pengertian Zodiak

Jadi, apa itu zodiak? Sebenarnya, secara etimologi zodiak atau yang dalam bahasa Inggris disebut zodiac, berasal dari kata latin yaitu zodiacus yang berarti “lingkaran” hewan. Hal tersebut yang menjadi latar belakang penggunaan nama-nama binatang untuk menamai zodiak.

Pengetahuan tentang Zodiak telah menjadi teknik ramalan berusia seribu tahun dan sangat populer di berbagai budaya.

Meskipun tidak ada jawaban yang pasti dan konklusif tentang zodiak dan horoskop dan hubungannya dengan kehidupan kita, terbukti bahwa pengetahuan ini menghasilkan daya tarik khusus di sebagian besar populasi.

Wajar jika kalian pun sering menemukan ramalan yang didasarkan pada zodiak. Ramalan astrologi memang didasarkan pada kedudukan benda-benda tata surya seperti, planet, bulan, dan juga matahari.

Semua itu akan dihubungkan dengan karakter dan nasib manusia sesuai golongan zodiaknya. Setiap orang akan menyandang tanda zodiaknya berdasarkan kedudukan matahari di dalam zodiak pada tanggal kelahirannya.

Beberapa percaya bahwa astrologi adalah ilmu dan bahwa posisi rasi bintang saat lahir memiliki pengaruh pada peristiwa yang mempengaruhi setiap individu.

Selain itu, bangsa Cina, Mesopotamia, Lembah Indus, Mesir menggunakan zodiak untuk memprediksi karakter atau kepribadian seseorang seperti gustian rekt yang memiliki zodiak leo.

Oleh karena itu, hingga sekarang zodiak pun dipercaya sebagai metode untuk meningkatkan kesadaran diri, memahami potensi, dan mengajarkan seseorang untuk hidup harmonis dengan alam semesta dan seisinya.

Yang lain menganggap bahwa astrologi adalah mitos dan tidak ada bukti untuk membuktikan kebenarannya. Kedua tanggapan ini  tidak dapat didamaikan.

Lalu, apa itu zodiak dari sisi ilmiah? Secara ilmiah, zodiak memiliki makna menyatakan suatu siklus tahunan dari dua belas wilayah sepanjang lingkaran ekliptik.

Lingkaran ekliptik sendiri merupakan suatu pola lintasan perubahan posisi matahari di angkasa. Adanya seluruh wilayah yang terbagi-bagi tersebut, karena lingkaran ekliptik dibagi oleh gugus-gugus bintang menjadi 12 area dengan ukuran busur yang sama.

Macam-macam zodiak dari dua belas rasi bintang tersebut antara lain:

1.       Capicorn – (22 Desember – 20 Januari) dan dilambangkan dengan kambing Amaltheus.

2.       Aquarius – (21 Januari – 19 Februari) dan dilambangkan dengan pembawa air.

3.       Pisces – (20 Februari – 20 Maret) dan dilambangkan dengan dua ekor ikan.

4.       Aries – (21 Maret – 19 April) dan dilambangkan dengan domba.

5.       Taurus – (21 April – Mei 20) dan dilambangkan dengan sapi.

6.       Cancer – (22 Juni – Juli 22) dan dilambangkan dengan kepiting.

7.       Leo – (23 Juli – 23 Agustus) dan dilambangkan dengan singa.

8.       Scorpio – (24 Oktober – 22 November) dan dilambangakn dengan kala jengking.

9.       Gemini – (21 Mei – Juni 21) dan dilambangkan dengan anak kembar.

10.   Virgo – (24 Agustus – 22 September) dan dlambangkan dengan putri cantik.

11.   Libra – (23 September – 23 Oktober) dan dilambangkan dengan timbangan atau neraca.

12.   Sagitarius – (23 November – 21 Desember) dan dilambangkan dengan manusia berbadan kuda atau hanya gambar panah saja.

Itulah beberapa penjelasan tentang apa itu zodiak beserta macam-macam zodiak yang berasal dari dua belas rasi bintang. 

Posting Komentar

1 Komentar